Banjir yang terjadi akhir-akhir ini cukup menghenyakkan kita, karena dampak banjir lebih hebat dan lebih meluas dibandingkan dengan tahun 2007 kemarin. Dan diperkirakan curah hujan akan sangat tinggi sampai dengan bulan februari tahun 2013 ini. Bagi yang terkena banjir simak tips berikut ini mengenai perencanaan keuangan pasca  kebanjiran.

  • List kebutuhan Anda yang utama dan tidak bisa ditunda terlebih dahulu seperti bayar cicilan KPR; KKB; zakat; bayar uang sekolah,les dan jemputan anak; serta kebutuhan anak lainnya; kebutuhan rumah tangga yang utama seperti belanja bulanan, lisrik, telepon, air dan gas, gaji asisten rumah tangga dan sopir. Untuk pengeluaran pribadi dan lain-lain yang sifatnya tidak urgent, lebih baik ditiadakan terlebih dahulu
  • Alokasikan penghasilan Anda untuk membeli obat dan vitamin. Budget ini mungkin akan membengkak dibandingkan biasanya. Ya, menjaga kesehatan keluarga penting, setelah sebelumnya  cape, lelah, kedinginan setelah berjibaku dengan air yang kotor dan banyak kuman.
  • Alokasikan Dana lebih banyak untuk membeli  peralatan kebersihan, cairan pembersih dan pembunuh kuman. Menjauhkan keluarga dari pencetus penyakit lebih utama bukan?
  • Dana untuk mengganti peralatan rumah tangga yang rusak juga harus dipersiapkan. Utamakan kebutuhan yang utama terlebih dahulu seperti mengganti kabel listrik yang terendam air, ini penting agar tidak membahayakan keselamatan anggota keluarga. Dan untuk itu anda juga harus menyiapkan budget khusus untuk teknisi listrik  setelah itu baru peralatan rumah tangga lainnya.
  • Pilah-pilah peralatan rumah tangga mana yang masih bisa digunakan dan mana yang sudah tidak bisa terpakai lagi. Kebanyakan orang yang tidak memilah lagi dan langsung membuang peralatan rumah tangganya harus merogoh kocek yang lumayan, apalagi jaman sekarang harga peralatan rumah tangga tidaklah murah
  • List  daftar asuransi yang Anda miliki dan cek polis asuransinya. Apakah selama ini sudah membeli asuransi kendaraan yang juga cover akibat banjir. Begitupun dengan asuransi rumah apakah peralatan didalamnya juga masuk dalam penggantian apabila terjadi banjir. Jika belum mempunyai asuransi, maka Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk perbaikan kendaraan, perbaikan rumah dan penggantian peralatannya.
  • Jangan lupakan juga alokasi untuk rekreasi secara sederhana, setelah ini semua terlewati dan selesai. Anda dan keluarga pasti jenuh dan letih sehingga perlu sedikit rekreasi sederhana didalam kota sekedar untuk bersantai sejenak bersama keluarga. Pilihannya beragam, mulai dari sekedar makan bersama keluarga di mall, ke pantai atau ke tempat rekreasi lainnya
  • Jangan lupakan alokasi investasi untuk tujuan keuangan yang sudah anda buat. Idealnya alokasi investasi Anda dipotong diawal sebelum digunakan. Dengan pengaturan keuangan yang baik diharapkan investasi anda tidak bolong walau pasca banjir sekalipun. Namun jika ternyata dananya tidak cukup, maka pastikan investasi bulanan anda jadi 2 x lipat nilainya
  • Jika semua pengeluaran sudah diatur sedemikian rupa dan ternyata masih tidak cukup juga, maka inilah saatnya DANA DARURAT anda berfungsi dan bekerja dengan baik. Pakai dana darurat yang sudah dibentuk secukupnya. Bulan berikutnya segera penuhi dana darurat Anda sesuai dengan nilai idealnya.

Baca artikel sebelumnya juga untuk menghadapi siklus banjir disini by: Tejasari CFP®

Aprida
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat