Training Pengelolaan Keuangan bagi karyawan

Selama ini, mungkin banyak perusahaan yang tidak menyadari pentingnya Training Pengelolaan Keuangan bagi karyawan nya. Kewajiban yang utama dalam sebuah perusahaan adalah memberikan gaji yang sesuai dengan standard yang berlaku umum. Untuk menambah semangat para karyawan, perusahaan tentunya memberikan tambahan dalam bentuk insentif, tunjangan lembur, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lainnya dalam bentuk tunai maupun non tunai. Disamping itu, untuk menunjang serta meningkatkan kemampuan bekerja, para karyawan diberikan berbagai macam training dan seminar yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan. Tentu saja penambahan ilmu pengetahuan yang diberikan dalam bentuk training dan seminar tersebut sangat menunjang dan membantu kelancaraan pekerjaan di kantor dan secara langsung akan meningkatkan kinerja perusahaan.

Akan tetapi, terkadang sebuah perusahaan tidak menyadari bahwa ada jenis training  yang sangat diperlukan bagi seorang karyawan yaitu Training pengelolaan keuangan bagi karyawan. Mengapa training ini sangat diperlukan ?

Training Pengelolaan Keuangan bagi Karyawan

Training Pengelolaan Keuangan bagi Karyawan

Pentingnya Training Pengelolaan Keuangan bagi Karyawan

  1. Gaji tidak pernah cukup

Sadarkah kita bahwa dari awal mulai bekerja, hingga sekarang, kita selalu merasa gaji kita tidak pernah cukup. Walaupun gaji kita sudah meningkat menjadi 10 x lipat dari gaji yang diberikan saat awal mulai bekerja, tapi rasanya selalu kurang, bahkan semakin tinggi gaji yang diberikan, semakin meningkat pula masalah keuangan yang dialami. Hal ini terjadi karena tanpa kita sadari tingkat konsumtif kita juga akan meningkat sejalan dengan peningkatan gaji dan penghasilan yang kita dapatkan. Contohnya, Kita merasa tidak pantas lagi memiliki barang barang lama dan perlu diganti yang baru, kita merasa perlu mengganti gadget yang sekarang dengan seri terbaru agar sesuai dengan level pekerjaan kita saat ini, kita merasa perlu mengganti mobil agar dipandang baik oleh kolega. Hal ini akan terus berlanjut, dan semakin memberatkan keuangan kita. Masalah yang lama belum selesai, sudah ditambah dengan masalah baru yang lebih besar. Ujung-ujungnya hutang yang dimiliki akan semakin meningkat, walaupun gaji juga bertambah. Bahkan akhirnya banyak karyawan yang terlilit hutang dan dikejar kejar oleh debt collector. (baca juga : keuangan harian keluarga)

  1. Pengelolaan Keuangan Pribadi baik, maka karyawan bisa bekerja dengan tenang

Kalau sudah mulai terlilit hutang, maka tentu saja akan menjadi beban pikiran bagi kita. Baru saja terima gaji, sudah habis untuk mencicil sana sini. Yang lebih parahnya, gaji yang diterima tidak cukup lagi untuk membayarkan cicilan. Semakin menumpuk hutang, semakin banyak cicilan, semakin banyak pikiran yang membebani. Apabila sudah terjadi seperti ini, maka bekerjapun sudah tidak tenang lagi. Karyawan tidak bisa berkonsentrasi untuk bekerja karena bolak balik harus menerima telpon tagihan. Bingung mencari cara untuk bisa melunasi hutang, dan mencari jalan untuk menyelesaikan masalah keuangannya. Berbeda dengan karyawan yang mampu mengelola keuangan dengan baik, penghasilan yang diterima mampu dikelola dan diinvestasikan untuk tujuan keuangan keluarganya. Kehidupannya tidak pernah terbebani hutang dan masa depan keluarganya sudah terencana dengan baik. Apabila karyawan mampu mengelola keuangan dengan baik, maka sudah dipastikan mereka mampu bekerja dengan baik dan bisa memberikan hasil yang baik bagi perusahaan.

  1. Karyawan bekerja dengan tenang, perusahaan juga tidak memiliki masalah

Banyak cara yang diambil setiap orang untuk menyelesaikan masalah keuangannya. Salah satu caranya adalah mencari penghasilan tambahan, baik diluar jam kantor, atau bahkan mengambil waktu bekerja dikantor. Selain akan mengganggu konsentrasi dalam bekerja, tentu saja hal ini akan merugikan perusahaan. Disamping itu, debt collector yang datang ke kantor tentu saja akan mengganggu lingkungan kerja. Selalin mengganggu bagian SDM karena mereka juga menghubungi pihak perusahaan, juga mengganggu teman seruangan karena kehebohan yang terjadi.

Melihat sisi negatif yang mungkin timbul hanya karena pengelolaan keuangan pribadi pada karyawan, akan sangat baik apabila kita juga memberikan training pengelolaan keuangan bagi karyawan. Walaupun secara tidak langsung manfaatnya bagi perusahaan, tapi secara tidak kita sadari dampaknya akan sangat besar bagi para karyawan untuk kehidupannya saat ini dan dimasa depan. Begitu pula bagi perusahaan akan memberikan dampak yang signifikan bagi kenyamanan bekerja serta peningkatan kinerja perusahaan.

Anda ingin memberikan Training Pengelolaan Keuangan bagi Karyawan anda ? silakan hubungi kami untuk  berdiskusi membuat program yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Hubungi kami di 021 – 7235949 / 0813 1862 1626 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda

Tatadana Consulting

www.tatadana.com

Incoming search terms:

  • cara mengatur keuangan bagi karyawan

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat