Yuk, mengenalkan uang sejak dini pada anak kita

Mengelola uang dengan baik merupakan cara hidup yang perlu dimiliki semua orang. mengenalkan anak-anak akan arti uang serta  mengajarkannya mengelola uang dengan baik, merupakan salah satu langkah yang tepat bagi setiap orang tua. Apabila kebiasaan baik ini dipupuk sejak kecil, maka bukan saja akan memberikan manfaat bagi anak dikemudian hari, tapi juga membantu agar orang tua lebih tenang dalam mengatur dana untuk anak.

Inilah beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan uang sejak dini pada anak kita

1. Arti uang

Cara yang paling awal untuk mengenalkan uang adalah menggunakan uang untuk membeli barang barang tertentu. Ajak anak ke minimarket dan tunjukkan harga dari barang- barang yang dijual. Mulailah dengan barang yang mereka sukai seperti kue, minuman atau mainan.

2. Membayar sendiri

Inilah langkah selanjutnya, langsung menggunakan uang didunia nyata, membuat anak akan mengerti uang dengan lebih cepat. Pilih barang yang ingin dibeli, misalnya kue. Coba tunjukkan label harganya, dan beri uang yang mendekati harga kue. Biarkan anak kita membayar di kasir sendiri. Ingatkan pada anak bahwa uangnya berlebih, sehingga mereka harus menerima kembalian yang tepat.

3. Uang yang dimiliki terbatas

Mengerti bahwa kita tidak bisa membeli segala sesuatu sesuai yang kita mau, karena uang yang kita miliki terbatas, inilah juga yang perlu kita ajarkan.Saat anak pergi berbelanja di hari lain, biarkan mereka memilih sendiri barang-barangnya dan membayar sendiri. Dengan cara ini mereka akan membeli barang sesuai dengan uang yang dimiliki, tidak bisa lebih.

4. Menabung di celengan

Celengan adalah cara menabung yang diajarkan secara turun temurun. Banyak orang tua mengajarkan anak menabung dengan menggunakan celengan. Kali ini, coba tanya pada anak kita, uang yang mereka tabung akan digunakan untuk apa ? Inilah langkah awal mengajarkan memiliki tujuan keuangan.

5. Menabung di Bank

Bank adalah sebuah lembaga keuangan yang sangat baik digunakan untuk mengenalkan anak akan arti menabung. Ajaklah anak untuk membuka rekening di Bank, dan jelaskan bedanya menabung di Bank dengan di Celengan.

6. Mengelola Uang

Memberi uang jajan juga merupakan langkah awal dalam pengelolaan uang yang baik. Mulai dari memberikan uang harian, latihlah untuk memberi uang secara mingguan bahkan bulanan. Ingatkan bahwa tidak ada uang jajan tambahan apabila uang yang diberikan habis sebelum waktunya.

Tejasari CFP®
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat